| ]

dokter Didi, saya wanita yg belum menikah, umur 22 tahun. saya baru saja mengalami keguguran pada masa kehamilan 2 minggu (keguguran yg terjadi alami, karena saya terlalu capek bekerja), sebenarnya keguguran ini suatu kebetulan, dan akhirnya saya dan pacar saya memutuskan untuk menunda pernikahan kami (rencananya kami menikah bulan depan)

Dokter pada saat keguguran saya mengalami pendarahan yg hebat selama 2 jam, namun hingga kini saya masih mengalami pendarahan, namun tidak hebat sebagaimana yg terjadi pada saat pertama kali.

Saya membaca di beberapa konsultasi kesehatan, bahwa pendarahan akan terjadi selama 2 minggu. Apakah untuk membantu membersihkan rahim saya harus meminum obat-obatan tertentu agar membuat rahim berkontraksi dan membersihkan sisa-sisa keguguran?
jika tidak mengunakan obat-obatan, apakah ada sisi negatifnya?
saya bingung harus ke dokter mana, karena status saya masih belum menikah, dan saya tidak mw, keluarga saya mengetahui jika saya telah mengalami keguguran.

Jika saya ke dokter kandungan, akankah dokter tersebut memberikan saya resep obat tersebut, melihat status saya belum menikah.
terima kasih
===================

Sisa yang ada biasanya akan keluar sendiri jika hamilnya baru dua bulanan, kalau ke dokter obgyn minta saja obat buat membersihkan sisanya pasti dikasi kok..kan bukan obat untuk aborsi...

Tetapi jika hamilnay sudah 3 bulanan, maka jarang yang bisa bersih tanpa kuret / kecuali jika janin sdh mati duluan, maka bisa saja keluar secara utuh tanpa tersisa