| ]

Dear Dokter Didi, Saya wanita berusia 30 thn sudah menikah hampir 7 thn dengan pria berusia 47 thn .Pada pernikahan sebelumnya , suami saya sudahmemiliki 2 org anak dan sudah pernah pula menjalani vasektomi selama hampir 10 thn. Sekarang kami ingin sekali memilik anak dari rahim saya, jadi yang ingin saya konsultasikan ke Dokter : (1) Apakah ikatan vasektomi suami saya tersebut dapat dibuka kembali ? (2) Jika masih memungkinkan utk dibuka, apakah masih ada kemungkinan sperma tersebut membuahi sel telur nantinya ? (3) Apakah ada prosedur lain , misalnya disuntik untuk diambil sel spermanya tanpa perlu membuka ikatan vasektomi ? (4) Dimana dan kepada dokter mana yg direferensikan untuk oleh dokter utk Konsultasi

-----------------------------------

Dear Ibu yth
1. Yang benar adalah dilakukan operasi rekanalisasi (penyambungan kembali)
2. Spermanya masih bisa membuahi, tetapi kemungkinan ASA (antisperma antibodi) nya tinggi bisa menghambat pembuahan.
3. Ada cara lain yaitu dengan IVF (alias bayi tabung)
4. Ibu kunjungi dokter spog yang konsultan FER...ini adanya di kota yg ada fakultas kedokterannya...
Salam...