| ]

Halo dok,
Saya punya masalah menstruasi nih. Beberapa bulan ini saya selalu menstruasi 2 kali sebulan. Dan menstruasinya ngak lebih dari 2 hari tapi mensnya banyak banget.
Gak ada keluhan sakit. Saya tetap bisa beraktivitas seperti biasa.

Sekarang saya umur 19 tahun. Saya mulai mens sejak kelas 6 SD, dan sejak itu pula biasanya teratur dan normal. Saya tidak pernah melakukan hubungan seksual, maupun minum obat-obatan.

Hanya sesekali minum vitamin C,E dan obat parasetamol kalau pusing-terutama saat mens. Sejarah kesehatan juga bagus, nggak pernah ada sakit serius sebelumnya.
Hanya saja sekitar 4 bulan lalu saya mengalami keputihan berlebihan, berwarna, dan gatal. Juga sering keluar cairan encer seperti air seni, tapi dari vagina. Saya coba pakai betadine untuk vagina yang warna pink selama seminggu berturut2 . sejak itu tidak pernah gatal dan keputihan berlebihan lagi.

yang saya mau tanya. Kenapa menstruasinya jadi aneh gitu ya dok? dan apa solusinya? terima kasih banyak dok..
---------------------------------

Setiap gangguan haid tanpa adanya kelainan di organ dinamakan perdarahan rahim disfungsional yang biasanya disebabkan gangguan hormon.

Siklus haid normal berkisar 21-35 hari. Jika terjadi perdarahan di luar haid tentunya hrs dicari penyebabnya. Asalkan tidak mengganggu dibiarkan saja juga nggak apa2. Yang penting saat haid ovulasi tetap terjadi. Jadi artinya tetap subur dan tetap bisa hmail/punya keturunan.