| ]

Salam kenal dok,

Saya ibu rumah tangga dan juga PNS (Dosen), sudah memiliki 1 putra (8 tahun) dan 1 putri (5 tahun), umur sekarang 35,5 tahun. waktu lahir anak kedua setelah nifas saya langsung pasang spiral dan bulan agustus 2008 spiral sudah dibuka. saya dan suami berencana tahun ini mau punya anak lagi.

Waktu buka spiral di bidan, bidan tersebut berkomentar 'ngapain lagi punya anak karena nanti kehamilannya berisiko krn sudah diatas 35 tahun"?
Selama 2 kali kehamilan saya tidak mendapatkan masalah selama kehamilan (tetap dengan aktifitas seperti biasa) dan keduanya melahirkan normal. kedua anak saya tumbuh sehat dan cerdas.

Apa betul diatas 35 tahun berisiko dan kira-kira apa saja resikonya, kemudian kalau hamil diusia itu hal-hal apa saja yg harus dilakukan untuk meminimalkan resiko tersebut? karena menurut saya setiap kehamilan (berapapun usianya) pasti ada resikonya, makanya harus dijaga (terlepas dari kuasa Allah SWT)

Katanya salah satu resiko hamil diatas 35 tahun, anak yg dilahirkan bisa mengalami keterbelakangan mental, apa betul ? karena setahu saya meskipun hamil dibawah 30 tahun bisa saja terkena resiko tersebut (misalnya keracunan ketuban/proses persalinan yg bermasalah, dll)

O ya , kalau dari latar belakang keluarga, saya anak kedua dari 3 bersaudara (saya perempuan sendiri). Kakak saya mengalami keterbelakangan mental sejak lahir (kalau dilihat dari segi ilmiahnya saya pikir karena ayah dan ibu saya masih memiliki hubungan kekerabatan (saudara sepupu), yaitu kakek dari ayah dan kakek dari ibu adalah saudara kandung).

Setahu saya hubungan kekerabatan yg seperti itu akan memunculkan gen resesif pada anak yg dapat menyebabkan masalah seperti keterbelakangan mental yg menimpa abang saya.

Apakah hal itu kira-kira akan berpengaruh terhadap kehamilan saya nanti terutama ketika saya hamil diatas 35 tahun ?

Terimakasih Dok atas infonya, hal ini akan sangat membantu saya...
Rizz, Medan


Yth Ibu Rizz ...
Emang betul bu setiap kehamilan mengandung risiko, jadi sebetulnya hamil dengan usia diatas 35 tahun oke2 saja, apalgi sekarangkan dengan kemajuan pembangunan kesehatan RS dan SpOG ada dimana2 dan mudah dicapai.
Pengkriteriaan seperti itu sebetulnya hanya buat dokter/petugas agar lebih aware akan pasiennya. Kehamilan adalah hak azasi manusia tul gak bu :D
Betul juga kata ibu, gen2 yang resesif akan muncul pada usia ibu yang lanjut tetapi tidak harus ada, bisa saja nggak. Sedangkan kalau akibat ketuban hijau itu bukan faktor keturunan, tetapi otak bayi kekurangan oksigen yang mebuat sel2 otak nya rusak.
Sebelum merencanakan kehamilan ada baiknya ibu lakukan persiapan pra-kehamilan (BACA INI). Jika nanti hamil, jaga penambahan berat badan, cukupkan zat gizi dan vitamin. That's all. Good luck, mudah2an cepat dapat...(isteri aku juga hamil anak ketiga diusia 35 tahun, anakku yang kecil malah pintarnya luar biasa :D)
Salam...