| ]

dok usia saya saat ini 24 tahun. pernah menjalani operasi ca ovarium stadium I C di usia 17tahun. dan dokter mengangkat kedua ovarium saya...apakah itu membuktikan saya benar2 tidak bisa hamil?dan rahim saya otomatis di ambil ya dok?maaf saya baru bertanya sekarang, diusia saya yg ke17tahun saya masih awam..belum tahu menahu.
1. adakah yang bisa mengusahakan saya bisa hamil, mungkin melalui cangkok..saya saat ini hanya meletakkan Allah sebagai tumpuan saya, sampai saat ini masih ikhtiar, mungkin ilmu kedokteran semakin maju dan bisa menemukan sesuatu untuk menangani kasus seperti saya ini..
2. saya akan menikah, apakah dengan keadaan saya yang tidak menstruasi lagi membuat saya kehilangan hasrat sex saya dan membuat pasangan saya tidak nyaman. mungkin masalah "vagina kering" bagaimana mengatasinya??apa bisa diatasi melalui makanan?
3.terapi apa yang saya butuhkan saat ini?

terimakasih sebelum dan sesudahnya dokter.mohon bantuannya..
---------------------------------------
Yth Ibu...
Jika memang stadium 1 c, maka emang rahim juga ikut diangkat beserta indung telurnya. Karena indung telur tidak ada, maka hormon estrogen tidak dihasilkan lagi dan wanita mengalami gejala2 menopause (tulang rapuh, vagina kering dll).

Untuk itu biasanya diberikan terapi sulih hormon untuk menghilangkan gejala2 menopause. Dan akhir2 ini ada estrogen yang berasal dari tumbuhan : phyto-estrogen, banyak terdapat pada kedelai dan kulit begnkuang, walaupun tidak sefektif hormon estrogen aslinya, tetapi cukup membantu meringankan gejala menopause.

Salam