| ]

Salam kenal Dok,

Begini dok, ketika saya telat haid, saya mengalami migren yang sangat berat. Oleh dokter saya diberi obat, dan dokter mengingatkan untuk tidak mengkonsumsi coklat dulu.
Setelah minum obat, migrennya hilang dan tak pernah kambuh lagi.
Kemarin, saya makan kue coklat yang full coklat. Tetapi saya tidak mengalami migren lagi. Malah yang ada badan saya bintik bintik kemerahan dan gatal sekali. Seperti alergi gitu dok.
Yang saya tanyakan, apa ada alergi terhadap coklat dok? Dalam kondisi hamil muda apakah ada obat alergi yang aman untuk janin?
Kenapa tiba tiba saya jadi bermasalah dengan coklat ya, padahal dulu saya aman aman aja tuh makan coklat.
Terimakasih ya Dok..
________________________________
Salam kenal juga

Allergi terhadap coklat bisa jadi...
Banyak yang aman kok diantaranya yg populer yg isinya loratadine. merknya macam2.
diluar sana, tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi caffein secara berlebihan (coklat kan caffeinnya banyak).
Ada memang alergi yang muncul saat hamil...
Salam