| ]

Hi Dok,
Saya wanita berumur 26 tahun, dan baru menikah 4 bulan
Saya memiliki permasalahan dengan haid saya, sejak SMU haid saya jarang sekali teratur pernah sekali hingga 6 bulan baru haid kemudian selanjutnya teratur kemudian saya berpindah kerja di kota Surabaya dan memang pekerjaan saya tingkat stressnya semakin tinggi, sehingga haid saya menjadi tidak teratur, akibatnya wajah saya berjerawat, badan saya kaku semua dan perut saya membuncit (seperti kembung) kemudian saya pernah berkonsultasi ke Dr kandungan dan disarankan untuk mengkonsumsi Primolut N (posisi pada saat itu saya tidak haid selama 3 bulan), kemudian saya bisa haid dengan lancar, setelah itu hingga sekarang (apalagi setelah menikah)setiap haid saya terlambat saya cek dulu apakah saya hamil jika ternyata negatif saya baru konsumsi Primolut N , dan pertanyaan saya
1. Apakah yang terjadi dengan diri saya? mengapa haid saya tidak teratur
2. Apakah konsumsi Primolut N sangat berbahaya jika diminum setiap bulan??
3. Apakah efek samping dari Primolut tersebut??
Mohon dibantu konsultasinya dok...Terima Kasih

---------------------
Hi juga
1. Ini yang dinamakan gangguan haid. Intinya kadar hormon tidak sebagamana mestinya, yang bisa dipengaruhi berbagai faktor eksternal seperti iklim, kecapekan, stress dll.
2. Ini yang salah, sebetulnya tubuh kita bisa diajari pola hormon yang dibutuhkan dengan memberikan asupan hormon yang tepat. Kalau diberi Premolut haidnya keluar berarti ada gangguan suply progesteron, selanjutnya haid dapat diatur dengan mengkonsumsi primolut pada hari ke 16-25 dihitung sejak hari 1 haid pancingan keluar. Ulangi primolut hari ke 16-25 dua bulan berikutnya. (dengan pemberian promolut hari ke 16-25 biasanya haid bulan berikutnya pasti keluar). Bulan ke 4 biarkan proses haid sebagaim mestinya.
3. Kalau dokonsumsi dalam jangka panjang tentu saja bisa mempengaruhi kesuburan, gangguan haid dll gejala akibat kelebihan progestron.
Salam...:D