| ]

Dear Dok,
Saya wanita 28 th, baru menikah 3 bulan (Oct 2008) yg lalu, suami berumur 31. Des 08 saya di nyatakan hamil oleh SPOG tp akhirnya harus di lakukan operasi (laparotomi) tanggal 26 des 08 untuk menghentikan pendarahan di dlm krn saya mengalami Kehamilan Ektopik Terganggu (KET) di usia kehamilan 6 mgu. Akibatnya satu saluran tuba sebelah kanan di potong and di ikat karena sudah robek. Dokter tsb membolehkan kami untuk langsung program hamil kembali dan suami pun sangat menginginkan saya untuk hamil. 
Saat ini  kami sudah melakukan aktifitas seksual seperti biasa tanpa KB, yg ingin saya tanyakan menurut dr.Didi:
1. Perlukah saya melakukan pemeriksaan HSG u/ saluran tuba sebelah kiri? agar kejadian pd saluran kanan kemarin tdk terulang kembali? mengingat saat ini saya hanya punya 1 saluran tuba yg aktif hiks...brp % kejadian tsb dpt terulang pada saluran yg lainnya?
2. Amankan bila saat ini saya langsung hamil? adakah dampak pada bekas operasi?
3. Berapa % kemungkinan saya bisa hamil dg hanya punya saluran tuba?
Atas jawaban dokter saya ucapkan terima kasih.
Regards,
Irma
----------------------
Yth Ibu Irma
1. Tidak perlu...karena saat operasi biasanya dokter memeriksa sekaligus kondisi tuba satunya lagi. Dari literatur yang aku baca dikatakan 15 % berulang pada tuba yang satunya lagi. 
2. Aman saja...karena luka operasi didisnding perut tidak berpengaruh terhadap proses kehamilan dan kelahiran
3. Besarnya bervariasi, tergantung juga dengan usia ibu serta ada tidaknya kelainan pada tuba yang masih ada. Baca petikan penelitian di Perancis sbb:

The purpose of this paper was to evaluate the reproductive outcome after ectopic pregnancy (EP) from a population-based register in the centre of France. Since 1992, all the women aged 15-44 years, who permanently reside in the target area and who were treated either by surgical or medical procedures for an ectopic pregnancy in one of the area centres, have been registered and prospectively followed until 45 years of age. The analysis presented was based on the 155 women registered between January 1992 and March 1994 who were followed up for at least 6 months, and who were seeking a new pregnancy. The mean follow-up period was 16 months. A total of 102 women (66%) obtained a pregnancy. The first conception was intrauterine for 92 women, and 10 had a recurrence of ectopic pregnancy. Risk factors of recurrence were prior spontaneous abortion and prior tubal damage. For those women who conceived, the mean time to obtain pregnancy ('time to pregnancy') was 4.8 months. The 1 year cumulative intrauterine pregnancy rate (i.e. the probability of obtaining an intrauterine pregnancy within 1 year of seeking pregnancy) was 70%. After multivariate analysis by a Cox regression, the factors associated with higher fertility were age < 30 years, high educational level and no prior tubal damage.
Salam.......