| ]

Halo dok, nama saya ratih.
saya barusan melahirkan anak kedua pada bulan Oktober kemaren. Pada saat umur baby 3 minggu, payudara kiri saya sempat abses, dirawat intensif, dan sekarang sudah sembuh. Selama itu ASI dari payudara kanan tetap keluar dgn lancar. Tp setelah abses saya sembuh perlahan produksi ASI malah jadi menurun padahal saya tetap rajin memompa dan makan yg bergizi seperti sebelum sakit. Bagaimana ya dok cara memperbanyak ASI lagi seperti semula(saya ttp makan sehat, minum banyak,dan makan suplemen penambah ASI)? Apakah mungkin memperbanyak ASI lagi padahal anak saya sekarang sudah 2.5 bulan? pada saat anak pertama dulu, ASI saya juga cm keluar selama 1.5 bulan, apakah memang saya jenis orang dgn jumlah ASI sedikit?
tolong ya dok, i need your advice.
Thanks in advance

Hallo juga Bunda Ratih..
Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan turunnya produksi ASI diantaranya :
1. Adanya komplikasi persalinan seperti anemia, infeksi, tekanan darah tinggi.
2. Bayi yang tidak/kurang mengisap : bayi yang banyak tidur, pemisahaan akibat mendapat perawatan
3. Bayi yg kurang pandai mengisap dan tidak mengosongkan payudara selayaknya.
4. Stress (fisik dan psikis), ibu yang menjalani diet dan segera bekerja setelah melahirkan.
Adapun usaha2 untuk meningkatkan produksi ASI secara umum adalah :
1. Usahakan bayinya terus mengisap serta biarkan bayi mengisap sampai ASI kering.
2. Banyak minum air dan jus serta sayur-sayuran
3. Tingkatkan asupan kalori (diet tinggi kalori)
4. Cukup tidur dan cukup istirahat
5. Tehnik relaksasi (pernafasan plus musik buat merelaksasi) dan masasase payudara sebelum menyusukan
6. Di luar negri dianjurkan untuk mengkonsumsi *fenugreek*(= daun katu) dalam bentuk teh.
7. Coba konsumsi Oatmeal.
8.Adanya dukungan dari semua pihak . suami, keluarga dan teman2...:D